TAMAN MAKAM PAHLAWAN DI BATAM, ADA YA?

Ada pepatah mengatakan, Bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Yupss…setuju….

Bagaimana cara mengetahui jasa mereka? Tentu dengan membaca sejarah perjuangan mereka. Dan tak ada salahnya juga jika kita berkunjung ke Taman Makan Pahlawan, untuk mengetahui lebih dekat akan keberadaan beliau-beliau pada masa silam. Yang jadi pertanyaan sekarang, di mana ya TMP di Batam?

Namanya TMP Pusara Bhakti Bulan Gebang, lokasinya memang tidak berada di tengah perkotaan, tepatnya di Batu Aji , di samping Kampus Putra Batam . Tempat makam Pahlawan ini sangatlah sepi pengunjungnya. Sayang sekali. Padahal itu makam Pahlawan satu-satunya di Batam. Mungkin dikarenakan keberadaan Makam ini belum dikenal oleh masyarakat, atau dalam benak mereka berkata, emang siapa sih pahlawan Batam ini? Maklum penduduk Batam ini rata-rata adalah pendatang yang merantau. Yang dari Jawa mungkin lebih mengenal Pangeran Diponegoro, RA. Kartini, pendatang Aceh lebih lebih mengenal Cut Nya’ Dien, Teuku Umar, dll.

Bagi para pelajar, mungkin akan lebih familiar dengan TMP Kalibata-Jakarta, TMP Kusuma Negara- Yogyakarta, TMP Sepuluh Novemember-Surabaya, TPM Kusuma- Bhakti Bukittinggi.

Memang sih, baru beberapa jasad pahlawan yang dikebumikan di TMP ini. Mungkin ini juga yang menjadi faktor mengapa TMP ini sepi dari pengunjung.
Padahal, TMP ini bisa dijadikan obyek wisata, terutama bagi para pelajar yang ingin mengetahui sejarah perjuangan rakyat Batam.

Lagi-lagi, ini PR bagi Pemerintah Batam, bagaimana cara untuk mempublikasikan TMP ini ditengah-tengah masyarakat, terutama bagi kalangan pelajar.
Atau mungkin selesai upacara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, kepala sekolah mewajibkan siswa untuk ikut kegiatan napak tilas berkunjung ke TMP Pusara Bhakti Bulan Gebang ini, atau di momen lain seperti hari Pahlawan Nasional ... mestinya yaaa????? Iya deh, nanti saya usul sama Pak KepSek mengenai hal ini...!!!


Note,:
Informasi lengkap mengenai nama-nama Pahlawan yang dikebumikan di TMP ini bisa dibaca di sini nih : http://kepritoday.com/content/view/6735/34/ ,yuk.. biar kita tahu siapa aja nama Pahlawan-Pahlawan yang dikebumikan di Batam.

Image and video hosting by TinyPic
1 Response
  1. trmksh, soalnya jarang ada yang membuat tulisan tentang ini. Padahal penting dan meng-inspirasi


Posting Komentar