SMKN di Batam bekerja sama dengan Perusahaan Prancis



Hihi... Balik Lagi nih Para Blogger setia + Para Pembaca setia! Sebenarnya ini bisa dikatakan To be continued nya (SMK di Kota Batam (SMKN1)) , soalnya nyambung sih... So, Keep Reanding yang Sobat yang Baik... ^_^
Well, inspirasi buat angkat ni Judul panjang-Panjang adalah pastinya pengalaman hidupku, selain itu saya ingin memperlihatkan kepada anda tentang hal yang mungkin jarang di rancah kehidupan pendidikan SMA/SMK/MA sederajat, baik di Batam di Kota-Kota Lainnya!
yaP... Betul! SMK Negeri 1 Batam Bekerja sama dengan perusahaan Prancis dengan kelas Internasionalnya.. Sudah ada Persetujuan MoU sebelumnya. Sebenarnya dengan membuka kelasa Internasional yang tak tanggung-tanggung sambil menggandeng Perusahaan Asing ikut andil di dalamnya adalah salah satu Program untuk SBI (Sekolah Bertaraf Internasioanal). Nah, SMK Negeri 1 Batam yang tepatnya berada di Kota Batam tercinta ini, patut menjadi kebangaannya Batam, dengan adanya Program Pendidikanyang seperti ini bisa membuat tujuan Batam untuk ke kancah Internasional menjadi sedikit terbantu! 
Well, dimulai ajjah yah!! Nah, sekarang kamu lagi berada di Penerbangan menuju Kelas Internasionalnya SMK N 1 Batam, keep reading and enjoy the Flight yah! (^_^)..

Kelas ku tercinta ini bernama Electrical Schneider Industry Class , tepatnya berada di Jurusan Listrik Industri, Perusahaan Prancis yang saya sebutkan di atas adalah PT.Schneider Electric Manufacturing Batam, PT yang cukup terkenal di Batam. Sekilas tentang PT nya, Schneider Batam ini mempunyai 2 Gedung di Muka Kuning , yang biasanya disebut di Lot 4(PEM) dan di Lot 208(PEL), Schneider ini juga mempunyai Program yang benar-benar Pas dengan Program di SMKN 1 Batam, Yaitu Program Edukasi/Pendidikan, cocok deh dengan SMKN1 Batam, dan akhirnya di buat perjanjian MoU deh pada Tahun 2007. Kelasku ini bisa dibilang kelas Favorit.. (Alhamdulillah..,,). Dan kelas Schneider ini baru 2 Tahun Berdiri, ada angkatan pertama (kelas XI) dan angkatan kedua (Kelas X). Dan kebetulan saya berada di angkatan pertama saat ini tepatnya di kelas XI. Hanya ada 16 Siswa yang awalnya ada 20 siswa di kelasku. Seleksi Penyaringan untuk masuk di kelas ini cukup ketat , harus lolos melewati 4 test, yang pertama test tertulis (English, bahasa Indonesia, dan Matematika),lalu Test Wawancara menggunakan Bahasa Inggris (Yang lebih di tekankan untuk kelas Schneider adalah ini), lalu Test Psikotest (test Kecepatan Logika, berhitung, dll) , dan Test Buta warna. Dan Kuantitas/Jumlah maksimum siswa yang diterima di kelas Schneider adalah 20 Orang. Sedangkan yang mendaftar ada ratusan. Well, setelah melewati ke 4 test itu, dan akhirnya Lolos, lalu mengikitu MOS, akhirnya aku berada di kelas Schneider, dengan 20 Orangnya.








Nah, ini adalah diwaktu pertama kunjungan industri di PT Schneider Electric. Senengnya!! Bener2 Unforgetable Memories.., nah, yang tu foto waktu simulasi sambil maen game.. Nah , sekarang kami hanya tinggal 16 siswa di kelas. Karena di awal semester ada sistem Degradasi namanya. Sistem ini maksudnya sistem penurunan siswa yang dianggap kurang mampu mengikuti, baik kurang mampu dalam segi attitude ataupun mengikuti Pelajarannya. Jadi , persaingannya sangat tampak dan ketat. Dan waktu itu, 4 Orang yang dinyatakan di degradasi, mereka bukan dikeluarkan di SMKN 1 Batam, tapi hanya tidak di Kelas Schneider lagi, melainkan di Listrik Biasa. Sedih sih... harus tidak sekelas lagi.. Fiuuuhh.... dan akhirnya, tinggal 13 Laki-Laki dan 3 Perempuan di dalamnya samapai saat ini dan mudah-mudahan sampai lulus nanti. Metode Pembelajaran kami berbeda dengan yang lainnya. Karena Kami PKL(Praktek kerja Lapangan)nya 1 Tahun, 6 Bulan di Semester 3 (sudah dilewati) dan 6 Bulan di Semester 5, maka disaat kami kelas 2, pelajaran kelas 3 sudah kami pelajari baik yang teori maupun yang produktif dan prakteknya, dengan begitu tidak jarang kami selalu pulang sore, masukk dimulai pukul 6:45 a.m sampai terkadang 5:00 p.m, malah yang ikut organisasi sampai jam 5:30 pm. Fiuuuuuhhhhhh.... awalnya semua siswa sempet drop sih.. tapi... lama kelamaan sudah menjadi kebiasaan, jadi jalanin aja toh untuk masa depan khan!  Nah...Karena dengan PKL 1 Tahun itu berarti kami berada di Sekolah hanya 2 Tahun. Malah pada saat PKL , setiap hari sabtu , kami datang ke Sekolah untuk belajar pelajaran yang di UAN kan, padahal belum kami belum kelas 3. Yahhh... begitulah seikilas kesibukan kami . Dan Motivasi – motivasi juga tidak puas-puasnya diberikan kepada kami..selain dari orang tua kami, kepala sekolah dan guru-guru pun begitu, tetapi yang paling sering memberi motivasi atau nasihat yang begitu memacu kami adalah wali kelas tercinta kami, nama beliau Drs. Abdul Muis, sapaan kecilnya adalah Pak Muis. Thankz Pak! , We also can’t be success without you! ^_^

Nah, disamping itu , metode pembelajaran sudah memakai Bahasa Inggris, terutama di pelajaran produktif(kejuruan)nya. Beberapa mata diklat kejuruan kami memakai modul dari TUV Australia. Jadi, Sudah betstandar Internasional. Bahasa Inggris , di kelas kami menjadi momok nomer 1. Kalau di cek pasti bahasa Inggris dulu.. hihi.. tapi, dengan begitu , Alhamdulillah.. kami di kelas Schneider sudah bisa berbahasa Inggris dengan Baik.. Lalu, kami juga mendapat pelajaran yang diberikan oleh PT, seperti Six Sigma, ESD,Safety,Ergonimic,dll. (Jarang lho yang bisa daped Six sigma,, hehehe) Dan tidak tanggung-tanggung, pengajarnya Pun Langsung dari PT nya. Misalnya Bapak yang Paling Baik buatku dan juga buat kami.. Bapak Yohanes A.D.P yang saat itu menjabat sebagai HRD Manager, Lalu Bapak Andreas Sihono mengajar six sigma, Bapak Sunarji, Bapak ketut, Bu Yosi, Kak Dila, dll deh.. mereka semua sangatlah baik dan friendly! Thanks for all!  (kami bersama Pak Yohanes A.D.P)



Kalo mau berbicara tentang Prestasi, Jangan salah dan dianggap remeh!! Cukup Membanggakan! Hihihiiiihhii (sombong nih... aduh, punten,maaf, bukan berarti menyombongkan , tetapi saya hanya mencoba berbagi apa adanya yang terjadi ^_^. Waktu pertama kali launching Kelas Schneider aja, Juara Umum 1 dan 2 di SMK N 1 Batam dari Semuuuaaaaaa Jurusan adalah perwakilan dari Jurusan Listrik Industri tepatnya dari kelas Schneider. Itu gebrakan awal kami. Lalu, Mengikuti English Debate contest, Cerdas Cermat SMA/SMK/MA , dll. Dan siapa bilang dengan kesibukan kami seperti ini , kami tidak bisa membagi waktu buat ikut organisasi! Ada yang ikut Osis, Rohis (RM) dan MPK. Malah Ketua Osisnya sekarang dari kelas Schneider! Keren khan!!! Hihiiihih :). Prestasi lainnya, juara 1 nya Sience Project Fair 2008 Yang diadakan oleh Honeywell khan dari SMKN1 Batam, dan tepatnya ke-5 Peserta itu dari kelas Schneider .. Ttruss.. Masih Banyak deh..

Umhh.... kalau tentang mahasiswa Luar negeri nongkrong di kelas kami juga pernah! Mahasiswa Jerman dan Mahasiswa Prancis. Disitu seperti Diskusi , Sharing, ya berbagi pengalaman dan juga Ilmu, serta melatih Bahasa Inggris, dan Bahkan Bahasa Mereka!! Pokoknya Asyik deh!






Seruu Khan!! Dan pertemuan/pertemanan antara kami juga tidak hanya sampai disitu saja, kami juga terkadang ber-email-emailan dengan mereka, dan sesekali hang out bareng.. hihiih,..



Suasana Belajar Di kelas ini juga asyik BANGET..!



Lagi dan Lagi ... Sudah Banyak Banget khan Bukti Bahwa Pendidikan Batam is The Best! Apalagi SMK nya.. Manteb Khan!!! Pokok’e SMKN1 Batam is always number 1 and Schneider Class will be always success..
Well, cukup ini ajjah tentang kelasku.. semoga tetap menjadi perhatian pemerintah , terutama Dinas Pendidikan Kota Batam , bahwa Pendidikan Kota Batam sudah terlihat maju selangkah dengan adanya sekolah seperti ini. Semoga Semakin Banyak atai kalau bisa seluruh sekolah yang ada di Batam bisa mencapai SBI (Sekolah Berstandar Internasional) dan mungkin dengan membuka kelas Internasional yang bekerja sama dengan Perusahaan asing, Universitas Luar Negeri,Lembaga Masyarakat Luar negeri, Kedutaan Luar Negeri, apa apa saja lah yang penting asing/luar negeri, dengan begitu kesempatan kota Batam untuk benar-benar menembus Kancah Internasional sangat terbuka! Sehingga tidak hanya mendapat Adipura atau yang lain saja, tetapi Pemasokan Devisa / Pajak Terbesar adalah Batam, Pendidikan ter-Dahsyat juga Batam, dan keunggulan-keunggulan yang Lain juga dari Batam!!! Insya Allah!! Good Luck Batam!!!! GO GO CHAYOO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ^_^

Image and video hosting by TinyPic
2 Responses
  1. hey,sblmnya sya ingin memberikan apresiasi atas anda karena,blog anda yg ckup bgus,Ngg gini tentunya sya uda tau kmu itu siapa krna kita stu sekolah,cuman beda class.
    sbnarnya kalau saya prlu jujur,ktka kmu speech di depn kmren n jga kak galih aqu tuh ngerasa pngen jadi seperti klian,tpi faktor ekonomi membuat saya harus membagi jadwal beljar saya sekarang.
    terkadang saya berandai jika satu kelas dengan anda saya ingin bersaing,dan berpikir seberapa cepat anda berlari!
    klaupun itu smua adalah impossible tpi saya...... yah sudahlah.
    anda sosok yg berintegritas krena itu saya tidak prlu lagi menyimpan-nyimpan lagi bhwa anda termsuk sosk yg mnjadi panutan saya.
    Thank.z yha uda mau jadi tmen untuk menympaikan segla unek-unek aqu,krna sya termasuk orang yag pemalu jika saya berbicara seorang PEREMPUAN,krena jika sudah berhadapan dngan orang yg mnjadi "pujaan" maka adrenallyn sya akn tinggi dan otak menjadi kacau shngga omonganya meracau..


  2. Rixxaman Says:

    salam kenal ya.
    hehehe....
    nice Blog.


Posting Komentar