Makanan Khas Batam

Setiap daerah tentu memiliki makanan khas. Tak ketinggalan juga dengan Batam nih. Mau nyicipi masakan khas ini?


Seafood

Lokasi Batam yang dikelilingi laut, membuat pasokan berbagai macam makanan laut sangat melimpah. Tak heran jika Batam terkenal dengan masakan ala ”Sea Food”nya.

Salah satu makanan laut yang unik adalah gong gong, sejenis keong putih. Pengolahannya sangat sederhana, yaitu direbus kemudian disajikan panas-panas. Melepaskan daging dari badan gong-gong biasanya dicongkel dengan tusuk gigi, dan langsung aja dimakan. Lebih sedap jika dimakan dengan sambal.


Jenis Olahan makan laut yang bikin lidah bergoyang...

Kepiting Masak Saos Pedas



Kepiting Masak Merica Hitam




Sotong Goreng Tepung




Steam Ikan Krapu




Aneka SUP

Ini makanan yang cocok untuk disantap kapan saja, saat cuaca panas maupun dingin. Masih terbuat dari aneka makanan Laut, yang dicampur dengan sayuran sebagai pelengkap. Aneka Sup Seafood, bikin menggoda selera...

Sup Ikan Campur


Nah, menu sup ikan campur ini paling digemari di Batam. Sup ini merupakan campuran potongan fillet ikan, sotong dan udang dalam kuah bening dilengkapi dengan irisan tomat hijau dan sawi asin, disajikan dengan potongan cabe rawit dan kecap asin yang diracik jadi satu. Rasane “Ueenaak tenaaannn”



Sup Daging Kepiting

Kombinasi daging kepiting, asparagus dan telur membuat sup ini semakin sedap dan lezat, apalgi dimakan hangat-hangat. Hmm...nyam...nyam...nyam...



Tom Yam Sea Food

Sup ini diolah dari berbagai macam makanan laut seperti udang, cumi-cumi, filet ikan, dicampur dengan Jamur serta bola-bola ikan. Daun jeruk dan batang sereh membuat aroma soup ini semakin sedap.



Mampir ke Batam, jangan lupa nyobaiin kelezatannya. Banyak kok tempatnya, mau tempat yang exlusive? Golden Prawn, Bengkong Laut tempatnya. Atau bisa juga di Sri Rejeki Seafood Restouran Batam.
Atau jika ingin menikmati aneka seafood dengan harga yang murah? Jangan kuwatir. Kedai Seafood ini banyak dijumpai di seputar Jalan di depan Nagoya Hill, atau bahkan bisa saya katakan kedai-kedai seafood ini paling mudah dijumpai di pinggiran jalan, yang biasanya buka pada malam hari. Menjamur Bro...saking buanyaknya....!!!

Yang Lebih Tradisional juga Ada!


Atau ingin mencicipi makanan khas Batam yang lebih tradisional? Ada Mie Lendir, atau Mie Siram, atau Mie rebus kuah kacang.



Ini makanan kesukaan keluarga kami. Olahan sederhana ini terdiri dari Mie Kuning (bukan Indomie lhohhh..!!), Taoge panjang, Telur rebus, kuah kacang, ditaburi daun seledri, dan bawang goreng. Hmmm...Mak Nyuss rasanya. Cocok sekali buat sarapan pagi.

ROTI PRATA




Roti ini terbuat dari tepung terigu protein sedang, dan bahan-bahannya adalah lemak mentega,susu,dan telur. Nah , Roti ini juga kurang lengkap jika tidak dimakan dengan kuah kare nya. Bisa dikatakan sepasang lah roti prata dengan kuah kare,, saling melengkapi.. Lagi dan Lagi , enak lho!!!

Nasi Lemak/ Nasi Dagang




Nasi Lemak atau Nasi Dagang. Seperti yang bisa dilihat, Nasi Dagan ini terdiri dari Sambal Kacang dan Bilis, Nasi Santan.

Nah, itulah beberapa macam makanan ala Batam, asyik – asyik n uenak-uenak khan!!! ^_^
So, Ayo, cicipi satu per satu!!! Di mana lagi kalau bukan di Batam!!!!
Mau nyoba???? Mampir ke Batam Yukkkkkkkkkk!!!!

(Gambar ngutip dari berbagai sumber dari om google..)

Image and video hosting by TinyPic
2 Responses
  1. scraftii Says:

    yess
    bagus

    sy akan show untuk teman2


  2. weh nyamanna, semoga bisa kebatam


Poskan Komentar