SMK di Kota Batam (SMKN1)!!!!







Berbicara tentang Pendidikan Kota Batam, Batam juga punya pendidikan yang baik. Bahkan Beberapa Sekolah di Batam sudah berpredikat Sebagai SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) baik Sekolah negeri maupun swasta. Dan tidak Kalah Baiknya, sekolah- sekolah di Batam mempunyai fasilitasnya yang sangat lengkap dan Banyak sekali Prestasi-Prestasi anak Batam di Bidang Pendidikan yang tidak bisa diragukan, yakni patut dibanggakan.
Kalau bicara tentang sekolah, Batam juga mempunyai tingkatan-tingkatan sekolah, mulai dari Playgroup,TK,SD,SMP,MTS,SMA,SMK,MA,SPM(Sekolah Pelayaran Maritim), SLB, dll.
Balik ke Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) , Cukup banyak Sekolah di Batam yang sudah menggandeng predikat itu ,baik negeri maupun swasta, salah satu contohnya (mohon maaf sebelumnya, saya tidak bisa menyebutkan semuanya, jadi bagi sekolah yang tidak disebut namanya, bukan unsur kesengajaan ^_^ peace!) adalah SMKN1 Batam, SMAN1 Batam, SMPN 6 Batam adalah sekolah negeri yang sudah SBI , sedangkan swasta : Sekolah Global Indo-Asia (sekolah ini bekerja sama dengan singapura), Mondial, Djuwita, dll.

Well, kembali ke judul besar di atas!SMK DI KOTA BATAM! Saya angkat judul ini karena banyak cibiran orang yang berkata bahwa SMK itu rentan tidak bisa kuliah lah, gak Bagus Lah, apa lah! Saya ingin membasmi satu persatu perkataan2 yang sama sekali tidak benar itu!! ^_^ Insya Allah, Informasi yang saya beri murni dari pengalaman dan apa yang sudah terjadi, dan semoga apa yang saya sajikan , bisa merubah total 180^_^ pikiran2 anda. ^_^ (Hihi)

Di Batam, hanya ada 4 SMK Negeri, ini berarti ke 4 SMK tersebut memang betul-betul pilihan. Untuk SMK yang bernomor Ganjil adalah SMK Technic seperti SMKN 1, dan SMKN3 , sedangkan yang bernomor Genap adalah SMK Management, seperti SMKN2 dan SMKN4. Satu-satunya SMK di Batam yang sudah berpredikat SMK bertaraf Internasional adalah SMK Negeri 1 Batam yang berada di Jln. Prof DR. Hamka No. 1 Sekupang – Batam. Nah, kebetulan saya adalah salah satu siswi SMK N 1 Batam. Kebanggaan saya akan SMK N 1 Batam adalah satu alasan saya mengapa mengangkat Judul diatas. Saya akan mengenalkan kepada anda tentang SMK yang ada di Batam, khususnya SMK yang menonjol di Batam , yang membuktikan Bahwa Batam juga Go Internasional dengan Pendidikannya.Let’s Check it out! Hihihi.. keep reading eah!!! Kalo mau ditinggal ngopi/ngeteh dulu, jugga gag Papa, upz.. tapi balik lagi yah!!! Hehe... ^_^

Nah, sekarang Kamu berada di Zona SMK Negeri 1 Batam!
^_^
Well, Sobatku yang Baik...SMK yang mempunyai motto “always number 1” dan sekarang diketuai oleh Bapak Drs.Jonizar Djabar ini , sudah berdiri seJak tahun 1997, jadi, sudah hampir 12 Tahun Berdiri, Luasnya adalah 5 Ha,,Beuuhh..! Yukk.. kita Jalan-Jalan bentar di daerah SMK N 1 Batam! ^_^ 5 Ha nya SMKN 1 Batam itu terdiiri dari Receptions’s room, Ruang Kepala Sekolah,BSDC (yang terdiri dari 2 tingkat, di Lantai Dua: ada Ruang WKM,Ruang Humas, 2 Meeting Rooms,2 WC, Tool’s room of mechatronic Department, ICT Room for IT Department, 1 Class for IT Department. Di Lantai 1 : Ruang Sarana, Office BSDC, 1 Kelas IT, 1 Kelas Electrical Schneider Class,PLC room, 1 WC, dan 1 ruang Guru), Lalu Ruang Kurikulum, Ruang Komite, UKS, ETC(English Traning Centre), Ruang Guru, Lapangan Upacara/Apel sekaligus Podium, Ruang kelas Khusus TI Dept. Sekaligus Ruang Guru,Ruang Gambar,Perpustakaan,Lab. Kimia, Ruang kelas 1 sampai Ruang 13, Lapangan Bola, Aula, Lapangan Basket. Lapangan Voli, Lapangan Takraw, Kantin Atas, Ruang kesiswaan, Ruang Osis, Masjid As-shobirin sekaligus ruang Rohis dan Ruang Guru, WC Masjid, Tempat wudhu khusus wanita, Ruang KKPI(Komputer Umum), Parkiran Guru,Parkiran Murid, Workshop Mechatronica, Kelas khusus Mechatronica dept. Sekligus Ruang Guru, Workshop Elektronika dijadikan 1 Gedung sekaligus Ruang Praktek kejuruan yang cukup banyak sesuai dengan mata diklat, Ruang Guru, Ruang Tamu, Lalu Workshop Listrik Industri dengan 1 Gedung Juga, yang didalamnya terdapat Ruang Guru, Ruang Praktek sesuai dengan mata Diklat, seperti ruang Instalasi arus kuat, Ruang Working bench (PME), Ruang Elektronika Daya, Ruang Mesin Listrik, Ruang Pneumatic, Ruang Pengukuran,Ruang Toolman, dll. Serta 1 Kelas International khusus untuk siswa/siswi Listrik Industri (Electrical Schneider Industry Class),dan tak lupa taman belakang workshop Listrik,, heheh..Kemudian Workshop Mesin yang Juga 1 Gedung , yang didalmnya sudah ada ruang Praktek sesuai mata Diklat, Ruang Guru, Ruang AutoCAD,dll., Lalu jalan lagi ke Kantin Bawah, Asrama Putri,dan Asrama Putra. Fiuuhh... Capek yah!! Banyak banged! Tapi asyik khan! Ntu namanya SMKN1 Batam Lengkap dengan Fasilitasnya.hihi (Lagi-lagi).Duwh,, sepertinya ada yang ketinggalan tuh.. duh,, bagi warga SMKN1 Batam, jika ada yang kurang , tolong di comment yah! (saya hanya ingin memberi gambaran pada masyrakat Batam atau Luar batam tentang sekolah kita.. hihih)
Well,, Belum Capek khan, sobat!! Lanjuutttt!!!! SMK N 1 Batam ni tu satu-satunya SMK yang sudah Berstandar Internasional di Batam! Dan salah satu dari sedikit sekolah kejuruan (SMK) di Indonesia yang masuk dalam program pengembangan sekolah bertaraf internasional (SBI INVEST - Indonesian Vocational Education Strenghten). Jadi, Sudah tidak diragukan Lagi, SMK N 1 adalah salah satu sekolah Favorit di Batam! Kualitasnya tidak usah ditanya! Manteb Deh! Baik kualitas sekolah, Fasilitas, Staff Guru, n juga muridnya! SMK Negeri 1 Batam sudah tampil terdepan dan menjadi sekolah acuan (benchmark) bagi sekolah-sekolah sejenis yang ada di Kota Batam maupun provinsi Kepulauan Riau, dan tidak tertutup kemungkinan SMK N 1 Batam juga bakal jadi sekolah acuan pada tingkat Nasional, bahkan tingkat Internasioanal (Indonesia, Singapura, Malaysia).

Tau gak, salah satu syarat Sekolah Bertaraf Internasional itu adalah mempunyai Sertifikasi ISO, dan SMKN 1 Batam, Punya gak ya????? Beuuhh... tidak usah ditanya lagi, pasti Punya Lah! Malah sertifikasi ini berasal dari Jerman, yaitu ISO 9001:2000.SMK Negeri 1 Batam juga bekerja sama dengan BFL School Beijing Cina, TUV Rheinland Australia yang juga bersertifikasi Management System DIN EN ISO 9001:2000 No. Cert. 01 100. 075150 Certified, Schneider Electic Manufacturing Batam (perusahaan Prancis), BSDC (Batam Skill Development Centre), dan satu-satunya sekolah yang punya BSDC di Batam, dan juga baru-Baru ini SMK Negeri 1 bekerja sama dengan UTM(University Technology Malaysia). Nah, itu rekan-rekan Luar negeri / asing yang ada di SMK Negeri 1 Batam.

Oh iya.. saya juga ingin memperlihatkan sesuatu.. hehehehe!! (kayak apa aja), ini diwaktu Mahasiswa Jerman (Germany) Berkunjung ke SMK N 1 Batam dalam rangka Sosialisasi tentang Renewable Energy sources and the background why we must look for renewable Energy , hal itu penting banget untuk saat ini, mengingat keadaan Bumi kita yang semakin Darurat. Masing-Masing nama mereka adalah Thomas Rickert dan Moritz Berberich , mereka mengemban Ilmu di Hochschule Darmstadt University of Applied Sciences. Kenangan yang tak terlupakan! Unforgetable memories!
(Mau Lihat Mahasiswa Prancis datang ke SMKN1 Batam tepatnya di kelas Listrik Industri? info lebih lanjut di tulisan saya tentang SMKN 1 Batam bekerja sama dengan Perusahaan asing Prancis dengan kelas Internationalnya).







Nah, SMK Negeri 1 Batam ini satu-satunya SMK yang mempunyai Jurusan/Program keahlian terbanyak di Batam. SMKN 1 Batam mempunyai 5 Jurusan , yaitu : Teknik Listrik Industri, Teknik Elektronika Industri,Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, dan Teknik Permesinan. Masing-Masing Jurusan sudah bersertifikasi ISO. Fasilitas di masing-masing jurusan juga tidak diragukan,cukup lengkap. Salah satu Jurusan yang bekerja sama dengan Perusahaan asing dari Prancis adalah Teknik Listrik Industri, yaitu Bekerja sama dengan PT.Schneider Electric Manufacturing Batam. Dan kelas itu bernama Electrical Schneider Industry Class.(info lebih lanjut di tulisan saya tentang SMKN 1 Batam bekerja sama dengan Perusahaan asing Prancis dengan kelas International-nya).

Jujur, saya! Sebagai Murid SMK Negeri 1 Batam, tepatnya di Jurusan Listrik Industri (Electrical Schneider Industry Class) sangatlah Bangga akan sekolah saya tercinta. Kebangaan saya sangat beralasan. Seakan tidak ada cela di mata saya, walaupun pasti ada sedikit kekurangannya, tapi kekurangan-kekurangan itu sudah tertutupi oleh semua kelebihan yang SMKN1 Batam Punya. Prestasi-Prestasi Murid SMK Negeri 1 Batam juga tidak diragukan dan sangat membanggakan! Salah Satu Contohnya : SMKN1 Batam mendapat Juara 3 di bidang Industrial Control dan Harapan 1 di bidang Mechatronic dalam LKS – SMK Tingkat Nasional XV Tahun 2008 di Makassar, SMKN 1 Batam mendapat Juara 1 dalam di Lomba Science Project Fair yang diadakan oleh Honeywell. Dan yang satu ini, menurut saya adalah Gebrakan SMK Negeri 1 Batam untuk menunjukkan ke sekolah SMK/SMA/MA sederajat yang lain adalah... tereng,,,tereng...!!!! 3 Murid SMK Negeri 1 Batam diterima di UTM (University Technology Malaysia) !! waaahh... Hebat Banget khan!!! Setelah mengikuti test di Tg.Pinang yang diikuti oleh Siswa kelas 3 SMK/SMA/MA sederajat se – kepulauan Riau, Perwakilan dari Batam hanya 3 Orang, dan semuanya berasal dari SMKN 1 Batam, mereka mengalahkan semua SMA Favorit atau MA Favorit ataupun SMK yang ada di Batam! Dan mereka mendapat Beasiswa Oleh pemerintah Kepri untuk sekolah disana tanpa biaya apapun! Bayangin! Mulai dari Semester awal sampai S1 , mereka Gratiss...tiss..! dan Pekerjaan yang ada di Malaysia pun sudah menuggu mereka! Subhanallah! Hebat! Ini Prestasi yang sangat wah! Jadi Bahasa Kasarnya, saat ini mereka hanya tinggal menunggu Ijazah Keluar saja!! Ini adalah Gebrakan Baru Buat SMK/SMA/MA sederajat yang ada di Batam. Dan Gebrakan Besar Pertama ini adalah dari SMKN 1 Batam!. Itu hanya segelintir Prestasi yang SMKN 1 Batam Punya, yang menurut saya menonjol saat ini.Nah, Sudah terbukti khan bahwa SMK Negeri 1 Batam mempunyai Kualitas Murid,Guru,Sekolah,atau Fasilitas yang menjamin ! Dan sudah terbukti, siapa bilang Lulusan SMK tidak bisa Kuliah! Bukti sedang berbicara pada anda sekarang! Malah University Luar Negeri yang menunggu Lulusan SMK! Bukan Hanya itu , Pekerjaan juga pasti sudah menunggu atau malah antri untuk dipilih sama lulusan SMK! Jadi, fakta bahwa S1/Sarjana banyak yang nganggur, tidak Berlaku buat siswa SMK!!

Oh iya.. Intermezzo dikit nih..... hihihiii...^_^

Dan Syapa bilang kalau anak SMK tidak bisa masak.. hehehe... ni diwaktu ada perlombaan masak di SMK, diikuti oleh semua jurusan, salah satu tujuannya, yaa... kami fikir jarang – jarang aja gitu anak SMK masak, apalagi kebanyakan cowoknya,,, hehehe!!! Mmmmmmhhh.. Laper! ^_^







So, apakah anda sudah merubah pikiran anda yang tadinya berfikir bahwa SMK itu susah Kuliah, SMK itu gak Bagus, atau Apa Lah menjadi berfikir bahwa SMK itu juga menjanjikan buat Masa Depan, Baik melanjutkan Kuliah ataupun Bekerja!Dan SMK itu Luar Biasa! Pasti udah Donk!!!! ^_^ hihihi...
Dengan Adanya SMK Negeri 1 Batam yang mempunyai segudang prestasi yang membanggakan, juga sudah memperlihatkan bahwa Pendidikan yang ada di Batam itu Luar Biasa! Tidak tingkat Nasional Lagi yang ditembus, bahkan Tingkat Internasional digapai juga! Nah,itulah segelintir Informasi tentang Bagaimana Pendidikan di Kota Batam, terutama Pendidikan Sekolah Kejuruan Menengah di Batam , yang salah satunya adalah SMKN 1 Batam.. Bagaimana, Pendidikan Batam itu asyik n Luar Biasa khan!? Asyik juga buat kamu-kamu yang benar-benar terpacuu untuk berfikir ke Depan!! Visioner ! Batam .. PAS deh buat siapa saja!!!!!!! !
5 Responses
  1. Unknown Says:

    sombong x yg ngupdate ini..


  2. Unknown Says:

    berbicara maslh label sekolah,
    spertinya anda tdak mngenal jauh..

    bukti.a, SMPN 6 di bilang SBI,, nyata.a, yg terkenal unggul tatap saja SMPN 3,

    SMAN 1 dapat label SBI, setau saya SMAN 1 RSBI nya di cabut pemrintah, dan menjadi RSBI mandiri.. not SBI,,


  3. Anonim Says:

    kak ini angkatan keberapa ?


  4. wah... salut lh buat SMKN 1 Batam, jd kepengen menjadi salah satu murid di situ


  5. Anonim Says:

    Merkur & Merkur Safety Razor - F1 Competition
    Merkur & 메리트카지노 Merkur 카지노 Safety Razor. Merkur & Merkur Double Edge Safety Razor. Merkur - Merkur - Merkur - Safety Razor. This 바카라 사이트 razor has an amazingly close fit for a


Posting Komentar